Ketika hendak memulai sebuah bisnis, perasaan takut adalah hal yang wajar dialami. Ada perasaan takut tak laku, rugi, bangkrut, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Namun jika tak dilawan, perasaan tersebut akan terus muncul dan menjadi penghambat dalam memulai usaha. Bisnis yang sukses memang tak bisa didapatkan dengan instan. Tapi, tak ada yang mustahil jika dilakukan dengan baik.
Seorang pengusaha harus bisa mencari peluang dari bisnis yang akan dijalankan. Pasalnya, dalam berbisnis perlu memikirkan ide yang cocok dengan kemampuan dan pasar. Dilansir dari situs Entrepreneur, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk menemukan ide bisnis yang memiliki peluang besar.
1. Bisnis yang Realistis
Menjalankan bisnis dengan idealisme pribadi memang terdengar menginspirasi. Namun, pada kenyataan hal ini tak selalu bisa dilakukan. Pasalnya, seorang pengusaha harus memahami permintaan pasar. Baca juga: Saham Siklikal, Saham yang Dipengaruhi Kondisi Makroekonomi Sebelum memulai bisnis, sebaiknya ajukan pertanyaan kepada diri sendiri mengenai beberapa pertanyaan berikut. Apa alasan ingin memulai bisnis? Apa tujuan pribadi dan bisnis yang akan dijalankan? Siapa target pasar yang ingin dijangkau? Masalah apa yang dimiliki konsumen? Apa yang ditawarkan kompetitor, dan hal apa yang menjadi pembeda dengan kompetitor? Sumber daya apa yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis?
Baca Juga:
- 3 Cara Konsisten Berbisnis untuk Pengusaha Pemula
- 5 Cara untuk Meningkatkan KomunikasI Bisnis
- 5 Tips Bisnis Pelaku Usaha dengan Riset Pasar
2. Jangan Remehkan Kompetitor
Pebisnis harus melihat pasar dengan melakukan analisis secara bijaksana. Pasalnya, hal tersebut sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Terlebih, jika membutuhkan investor. Salah satu pertanyaan yang biasanya diajukan investor adalah keunggulan apa yang ditawarkan untuk bersaing dengan kompetitor. Itu sebabnya, kita juga harus bisa menganalisis pasar.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu
Riset Pasar
Sebelum memulai, pebisnis perlu melakukan riset terhadap pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan menyebar kuesioner atau wawancara.
Penelitian Sekunder
Setelah itu, pebisnis perlu mempelajari secara detail informasi yang telah didapatkan. Dengan demikian, data yang diperoleh dapat sesuai dengan perilaku pasar.
Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan cara ampuh untuk mempelajari kelemahan, kekuatan, dan peluang ide bisnis. Dengan analisis ini, pebisnis bisa memutuskan produk apa yang dibutuhkan pasar.
3. Melakukan Uji Hipotesis
Setelah melakukan riset pasar, pebisnis perlu memastikan bahwa produk yang akan dijual dapat memenuhi permintaan pasar. Dalam hal ini, perlu dilakukan Minimum Viable Product (MVP) untuk mengembangkan produk.
Tujuan MVP adalah memvalidasi ide bisnis, mempelajari pengalaman pelanggan, dan mendapat umpan balik terkait produk. Dengan melakukan hal tersebut, bisnis yang akan dijalankan akan lebih matang dan dapat mengurangi risiko kegagalan.
Source : https://money.kompas.com/read/2023/03/24/170000626/lakukan-hal-ini-agar-sukses-memulai-bisnis?page=all#page2