Perusahaan jasa pengiriman Ninja Xpress meluncurkan hasil analisis tren live selling di Indonesia dalam Suara UKM Negeri Vol 2. Head of Trade Marketing Ninja Xpress Subarkah Dwipayana memaparkan, terdapat beberapa tantangan dalam live selling yang dihadapi oleh para penjual online. “Satu dari tiga penjual mengatakan sulit untuk menjaga pembeli terhibur dan tetap terlibat selama sesi live selling. Oleh karena itu butuh host, konten, dan promo yang sesuai agar tetap menarik perhatian,” ujar dia dalam konferensi pers Suara UKM Negeri Vol 2, Kamis (26/1/2023).
Ia menambahkan, para penjual juga kesulitan untuk menyisihkan waktu selama satu hingga dua jam per sesi live selling. Beberapa penjual juga diketahui melakukan live selling tidak hanya di satu platform. Bahkan waktu yang dihabiskan tersebut belum termasuk waktu persiapan untuk melakukan live selling. Dwi menyebut satu dari empat penjual mengatakan, butuh energi dan upaya yang banyak untuk mempersiapkan dan melakukan live selling.
Baca Juga:
- 5 Tips Bisnis Pelaku Usaha dengan Riset Pasar
- Tips Memulai Usaha E-commerce dari rumah
- 3 Cara Konsisten Berbisnis untuk Pengusaha Pemula
Untuk melakukan live selling, sekurang-kurangnya dibutuhkan dua penjual yang live menggunakan kamera profesional. Selain itu, dibutuhkan juga teleprompter untuk menjaga kontak mata dengan penonton, dan kru di belakang layar yang memonitor serta melakukan mengkurasi komen. Lebih lanjut, berdasarkan catatan Ninja Xpress platform live selling yang paling sering digunakan oleh penjual adalah TikTok sebesar 27,5 persen, kemudian Shopee sebanyak 26,5 persen, disusul oleh Lazada dengan persentase 20,1 persen.
Ninja Xpress sendiri melalui Creative Business Solutions memfasilitasi penjual untuk mengoptimalkan live selling. Caraya dengan menyediakan bantuan dimulai persiapan dan pelaksanaan live selling (pembuatan konsep, copywriting, dan produksi), talent (host/KOL/MC/Model) hingga studio khusus agar penjual dapat melakukan live selling dengan lebih baik, serta platform yang tepat.
Ninja Xpress juga membantu penjual melakukan live selling melalui Ninja Xpress seller booster. Dengan mengirimkan barang menggunakan Ninja Xpress, penjual mendapatkan layanan live selling berupa studio, host, hingga back end. Penjual cukup menyediakan produk yang dijual dan promosi yang diberikan.
Source : https://money.kompas.com/read/2023/01/26/174000126/tren-live-selling-ini-tantangan-penjual-online